RANGKAIAN KESATUAN KONKRETE-ABSTRAK

 Kegiatan pengajaran berlangsung disepanjang kontinum dari pengalaman konkret dan nyata hingga pengalaman yang sangat abstrak.

Di bawah ini disediakan tabel rangkuman kesatuan konkret-abstrak diadaptasi dari Dale’s Cone Experience (Dale,1996).

Pengalaman Konkret

Pengalaman Abstrak

Keterlibatan sebenarnya, Simulasi dari pemain peran

Demonstrasi, Tampilan video visual audio teks.

Partisipasi

Observasi (mendengar dan membaca)

Aktif

Pasif

 

Seorang guru memberikan pengajaran pada siswa alangkah baiknya melalui tahapan nyata ke abstrak, sebagaimana yang diusulkan oleh Edgar Dale (1969) dalam tulisannya Cone of Experience mengusulkan agar kita memulai pemelajaran sebagai peserta dalam pengalaman aktual, kemudian berpindah ke pemelajar sebagai pengamat kejadian yang disajikan melalui perantara dan akhirnya ke pemelajar yang mengamati simbol yang mewakili sebuah kejadian.

Sumber :

Sharon E. Smaldino, Deborah L. Lowther dan James D. Russel.(2011). Intructional Technology and Media for Learning. Pearson Education. Inc.

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PROSES PEMBELAJARAN

CIRI – CIRI PEMBELAJARAN MENURUT PARA AHLI

PRINSIP – PRINSIP PEMBELAJARAN