RANGKAIAN KESATUAN KONKRETE-ABSTRAK
Kegiatan pengajaran berlangsung disepanjang kontinum dari pengalaman konkret dan nyata hingga pengalaman yang sangat abstrak.
Di bawah ini
disediakan tabel rangkuman kesatuan konkret-abstrak diadaptasi dari Dale’s Cone
Experience (Dale,1996).
|
Pengalaman
Konkret |
Pengalaman
Abstrak |
|
Keterlibatan
sebenarnya, Simulasi dari pemain peran |
Demonstrasi,
Tampilan video visual audio teks. |
|
Partisipasi |
Observasi
(mendengar dan membaca) |
|
Aktif |
Pasif
|
Seorang guru
memberikan pengajaran pada siswa alangkah baiknya melalui tahapan nyata ke
abstrak, sebagaimana yang diusulkan oleh Edgar Dale (1969) dalam
tulisannya Cone of Experience mengusulkan agar kita memulai pemelajaran
sebagai peserta dalam pengalaman aktual, kemudian berpindah ke pemelajar
sebagai pengamat kejadian yang disajikan melalui perantara dan akhirnya ke
pemelajar yang mengamati simbol yang mewakili sebuah kejadian.
Sumber :
Sharon E.
Smaldino, Deborah L. Lowther dan James D. Russel.(2011). Intructional
Technology and Media for Learning. Pearson Education. Inc.
Komentar
Posting Komentar