CIRI – CIRI PEMBELAJARAN MENURUT PARA AHLI
Ciri – ciri pembelajaran yang dikemukakan oleh Gagne (1975) :
1.
Mengaktifkan motivasi.
2.
Memberitahu tujuan pembelajaran.
3.
Mengarahkan perhatian.
4.
Merangsang ingatan.
5.
Menyediakan bimbingan belajar.
6.
Meningkatkan retensi (kemampuan
untuk meningkatkan pengetahuan yang telah dipelajari).
7.
Melancarkan transfer belajar.
8.
Memperlihatkan penampilan dan
memberikan umpan balik.
Oemar Hamalik
(1999) menjelaskan tiga ciri khas yang terkandung
dalam sistem pembelajaran, sebagai berikut :
1.
Rencana.
Rencana adalah penataan
ketenagaan, material dan prosedural yang merupakan unsur – unsur pembelajaran
dalam suatu rencana khusus.
2.
Kesalingtergantungan.
Kesalingketergantungan adalah
keterkaitan diantara unsur – unsur sistem pembelajaran yang serasi dalam suatu
keseluruhan.
Setiap unsur bersifat esensial dan
masing – masing memberikan sumbangan kepada sistem pembelajaran.
3.
Tujuan.
Tentunya sistem pembelajaran harus
memiliki tujuan tertentu yang akan dicapai.
Dari pendapat
para ahli diatas tentang ciri – ciri pembelajaran, maka dapat dibuat kesimpulan
yang lebih detail berkaitan dengan ciri – ciri pembelajaran diantaranya :
1. Memiliki tujuan, ciri tujuan
pembelajaran yaitu untuk membentuk peserta didik dalam suatu perkembangan
tertentu.
2. Terdapat mekanisme, langkah –
langkah, metode dan teknik yang direncanakan untuk mencapai tujuan yang telah
ditetapkan.
3. Fokus materi jelas, terarah dan
terencana dengan baik.
4. Adanya aktivitas peserta didik
merupakan syarat mutlak bagi berlangsungnya kegiatan pembelajaran.
5.
Tindakan guru yang cermat dan
tepat.
6.
Terdapat pola aturan yang ditaati
guru dan peserta didik dalam proporsi masing – masing.
7.
Limit waktu untuk mencapai tujuan
pembelajaran.
8.
Evaluasi, baik evaluasi proses
maupun evaluasi produk atau hasil.
Sumber :
Dr. M. Sobary
Sutikno.(2014). “Metode dan Model – Model Pembelajaran”. Holistika.
Lombok.
Komentar
Posting Komentar