CIRI – CIRI PEMBELAJARAN MENURUT PARA AHLI

 Ciri – ciri pembelajaran yang dikemukakan oleh Gagne (1975) :

1.          Mengaktifkan motivasi.

2.          Memberitahu tujuan pembelajaran.

3.          Mengarahkan perhatian.

4.          Merangsang ingatan.

5.          Menyediakan bimbingan belajar.

6.          Meningkatkan retensi (kemampuan untuk meningkatkan pengetahuan yang telah dipelajari).

7.          Melancarkan transfer belajar.

8.          Memperlihatkan penampilan dan memberikan umpan balik.

Oemar Hamalik (1999) menjelaskan tiga ciri khas yang terkandung dalam sistem pembelajaran, sebagai berikut :

1.          Rencana.

Rencana adalah penataan ketenagaan, material dan prosedural yang merupakan unsur – unsur pembelajaran dalam suatu rencana khusus.

2.          Kesalingtergantungan.

Kesalingketergantungan adalah keterkaitan diantara unsur – unsur sistem pembelajaran yang serasi dalam suatu keseluruhan.

Setiap unsur bersifat esensial dan masing – masing memberikan sumbangan kepada sistem pembelajaran.

3.          Tujuan.

Tentunya sistem pembelajaran harus memiliki tujuan tertentu yang akan dicapai.

 

Dari pendapat para ahli diatas tentang ciri – ciri pembelajaran, maka dapat dibuat kesimpulan yang lebih detail berkaitan dengan ciri – ciri pembelajaran diantaranya :

1.   Memiliki tujuan, ciri tujuan pembelajaran yaitu untuk membentuk peserta didik dalam suatu perkembangan tertentu.

2.    Terdapat mekanisme, langkah – langkah, metode dan teknik yang direncanakan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

3.          Fokus materi jelas, terarah dan terencana dengan baik.

4.        Adanya aktivitas peserta didik merupakan syarat mutlak bagi berlangsungnya kegiatan pembelajaran.

5.          Tindakan guru yang cermat dan tepat.

6.          Terdapat pola aturan yang ditaati guru dan peserta didik dalam proporsi masing – masing.

7.          Limit waktu untuk mencapai tujuan pembelajaran.

8.          Evaluasi, baik evaluasi proses maupun evaluasi produk atau hasil.

 

Sumber :

Dr. M. Sobary Sutikno.(2014). “Metode dan Model – Model Pembelajaran”. Holistika. Lombok.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PROSES PEMBELAJARAN

PRINSIP – PRINSIP PEMBELAJARAN