BUKU DIGITAL FISIKA LUKMAN

 


Baca selengkapnya :

Klik Disini

Pada saat pembelajaran di masa Covid 19, saya merasa kebingungan bagaimana menyampaikan materi pembelajaran pada siswa. Saya mencari jalan dalam upaya keberlangsungan pembelajaran, agar tidak vakum dan tidak terjadi kebingungan pada siswa. Saya teringat ketika di tahun 2014 pernah mengajar di salah satu Perguruan Tinggi di Banten matakuliah Statistik, dan saya pernah menulis di sebuah Blog untuk bahan bacaan mahasiswa. Ketika saya buka kembali blog itu di awal tahun 2021, blog itu masih ada, hampir sekitar 7 ( tujuh ) tahun blog itu saya tidak buka, ternyata masih tetap utuh dan dapat diakses. Sehingga saya memiliki kesimpulan, bahwa blog konsisten ikut andil dalam dunia pendidikan dengan cara memberikan pelayanan pada penulis. Dari situ saya semangat untuk menulis bahan ajar saya terutama dalam bidang studi fisika dan otomotif.

Saya menulis hampir seluruh materi fisika untuk kelas X, XI dan XII jenjang Sekolah lanjut Tingkat Atas seperti SMA dan MAK. Saya menulis 62 ( Enampuluh Dua )  materi, dan ini tentunya untuk 3 ( tingkat ). Namun khusus untuk SMK yang belajar fisika hanya 1 ( satu ) tahun yaitu hanya di kelas X ( sepuluh ), maka saya membuat penyesuaian materi untuk kebutuhan SMK yaitu dengan berpatokan pada kurikulum 2013 yang berlaku pada saat itu, dan jumlah materi pertemuan dalam satu tahun untuk SMK sekitar 32 sampai 36 pertemuan yang dibagi dalam 2 semester.

Ketika Covid berlalu dan pembelajaran tatap muka dilaksanakan, saya mencoba menggunakan blog ini dalam pembelajaran, ternyata sangat efektif dan effesien. Siswa sangat cepat dan mudah mengerti materi yang saya ajarkan, karena dimungkinkan siswa telah memiliki pengetahuan awal berdasarkan materi yang saya berikan lewat blog.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PROSES PEMBELAJARAN

CIRI – CIRI PEMBELAJARAN MENURUT PARA AHLI

PRINSIP – PRINSIP PEMBELAJARAN