BELAJAR

 Belajar (Learning) didefinisikan sebagai “ Perubahan terus menerus dalam kemampuan yang berasal dari pengalaman pemelajar dan interaksi pemelajar dengan dunia”. (Driscoll, 2000 halaman 11).

Sebagian dari kita tidak belajar dengan cara diberitahu, tetapi dengan berbuat. John Dewey (1916) mengajukan gagasan ini hampir seabad yang lalu. Saat ini pengalaman belajar dapat aktual atau virtual, dan dapat berlangsung dengan atau tanpa teknologi.

Belajar merupakan pengembangan pengetahuan, keterampilan atau sikap yang baru ketika seseorang berinteraksi dengan informasi dan lingkungan.

Lingkungan belajar diarahkan oleh guru dan mencakup fasilitas fisik, suasana akademik dan emosional, serta teknologi pengajaran.

Dibawah ini diberikan tabel uraian tentang pengajaran dan belajar.

PENGAJARAN

BELAJAR

Fokus guru

Fokus siswa

Guru sebagai penyaji

Guru sebagai pembuat, pengarah dan koordinator belajar.

Informasi dari guru

Informasi dari banyak sumber (misalnya internet, perpustakaan elektronik dan buku – buku ).

Orientasi masukan ( misalnya guru, perpustakaan, ruang kelas dan sumber daya ).

Orientasi output ( misalnya produk, kinerja, dan prosedur siswa ).

Berdasarkan ruang kelas (waktu yang sama, tempat yang sama).

Tidak terbatas diruang kelas (kapan saja dimana saja).

Kaku

Luwes

Belajar yang kompetitif

Belajar yang kooperatif

 

 

Sumber :

Sharon E. Smaldino, Deborah L. Lowther dan James D. Russel.(2011). Intructional Technology and Media for Learning. Pearson Education. Inc.

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PROSES PEMBELAJARAN

CIRI – CIRI PEMBELAJARAN MENURUT PARA AHLI

PRINSIP – PRINSIP PEMBELAJARAN