BELAJAR
Belajar (Learning) didefinisikan sebagai “ Perubahan terus menerus dalam kemampuan yang berasal dari pengalaman pemelajar dan interaksi pemelajar dengan dunia”. (Driscoll, 2000 halaman 11).
Sebagian dari
kita tidak belajar dengan cara diberitahu, tetapi dengan berbuat. John Dewey
(1916) mengajukan gagasan ini hampir seabad yang lalu. Saat ini pengalaman
belajar dapat aktual atau virtual, dan dapat berlangsung dengan atau tanpa
teknologi.
Belajar merupakan
pengembangan pengetahuan, keterampilan atau sikap yang baru ketika seseorang
berinteraksi dengan informasi dan lingkungan.
Lingkungan
belajar diarahkan oleh guru dan mencakup fasilitas fisik, suasana akademik dan
emosional, serta teknologi pengajaran.
Dibawah ini
diberikan tabel uraian tentang pengajaran dan belajar.
|
PENGAJARAN |
BELAJAR |
|
Fokus
guru |
Fokus
siswa |
|
Guru
sebagai penyaji |
Guru
sebagai pembuat, pengarah dan koordinator belajar. |
|
Informasi
dari guru |
Informasi
dari banyak sumber (misalnya internet, perpustakaan elektronik dan buku –
buku ). |
|
Orientasi
masukan ( misalnya guru, perpustakaan, ruang kelas dan sumber daya ). |
Orientasi
output ( misalnya produk, kinerja, dan prosedur siswa ). |
|
Berdasarkan
ruang kelas (waktu yang sama, tempat yang sama). |
Tidak
terbatas diruang kelas (kapan saja dimana saja). |
|
Kaku
|
Luwes
|
|
Belajar
yang kompetitif |
Belajar
yang kooperatif |
Sumber :
Sharon E.
Smaldino, Deborah L. Lowther dan James D. Russel.(2011). Intructional
Technology and Media for Learning. Pearson Education. Inc.
Komentar
Posting Komentar