ISTILAH PEMBELAJARAN
Istilah pembelajaran merupakan terjemahan dari kata ‘instruction’ . menurut Gagne, Briggs dan Vager (1992), Pembelajaran adalah serangkaian kegiatan yang dirancang untuk memungkinkan terjadinya proses belajar pada siswa.
Dalam kamus
bahasa Indonesia, pembelajaran menekankan pada proses, cara, perbuatan
menjadikan orang atau makhluk hidup belajar.
Pembelajaran
dapat diartikan juga sebagai kegiatan yang ditujukan untuk pembelajaran siswa (Dimyati
dan Mudjiono,1999).
Dalam pengertian
lain, pembelajaran adalah usaha – usaha yang terencana dalam memanipulasi
sumber – sumber belajar agar terjadi proses belajar dalam diri siswa (Arief,
S. Sadiman, et al., 1990).
Iskandar, e
al.,(1995) mengartikan pembelajaran sebagai upaya untuk
pembelajaran siswa.
Pembelajaran
menurut Winkel (1991) merupakan seperangkat tindakan yang dirancang untuk
mendukung proses belajar peserta didik, dengan memperhitungkan kejadian –
kejadian eksternal yang berperan terhadap rangkaian kejadian – kejadian
internal yang berlangsung didalam peserta didik.
Degeng (1993)
mengartikan pembelajaran sebagai upaya untuk membelajarkan pebelajar.
Menurut Gagne
dan kawan – kawan dalam Benny (2011) pembelajaran dapat didefinisikan
sebagai serangkaian sumber belajar dan prosedur yang digunakan untuk
memfasilitasi berlangsungnya proses belajar.
Dari beberapa
pengertian tersebut dapat disipulkan bahwa pembelajaran adalah segala upaya
yang dilakukan oleh pendidik agar terjadi proses belajar pada diri peserta
didik.
Secara implisit
dalam pembelajaran, ada kegiatan memilih, menetapkan dan mengembangkan metode
atau model untuk mencapai hasil pembelajaran yang diinginkan. Pembelajaran
lebih menekankan pada cara – cara untuk mencapai tujuan dan berkaitan dengan
bagaimana mengorganisasikan isi pembelajaran, menyampaikan isi pembelajaran dan
mengelola pembelajaran.
Dr.
M. Sobary Sutikno.(2014). “Metode dan Model – Model Pembelajaran”.
Holistika. Lombok.
Komentar
Posting Komentar